Kerang Hijau Sihewan Lunak Kaya Akan Manfaat

resep olahan kuliner dari kerang hijau

Kerang Hijau (green Mussels) atau orang pangandaran menyebutnya dengan nama "BATAK" ini merupakan jenis hewan lunak Molussca yang hidup dilaut. kerang hijau ini memiliki ciri anatomi dengan panjang tubuh sekitar 6,5 cm sampai 8,5 cm dengan memiliki sepasang cangkan berengsel yang dengan fungsi utamanya yaitu untuk melindungi orang tubuh kerang bagian dalam, serta cangkanya yang berwarna agak gelap dengan gradasi warna agak kehijauan membuatnya terlihat sangat cantik. selain dengan sebutan batak (dipangandaran), kerang hijau ini memiliki nama sebutan lain seperti kijing dijakarta, kemudi kapal diriau, dan kedaung dibanten.

Jenis kerang ini memang banyak tersebar luas diperairan indonesia, termasuk diperairan pangandaran dengan habitat utamanya yaitu diperairan pesisir, daerah mangrove, serta dimuara sungai dengan substrat pasir lumpur dan salinitas yang tidak terlalu tinggi. kerang hijau merupakan biota laut yang mampu bertahan hidup dan berkembang biak dalam tekanan ekologis yang tinggi tanpa mengalami gangguan yang berarti. pada setiap musimnya (antara bulan maret sampai juli) dapat kita temukan melimpah diarea pasang surut dan subtidal, yang hidup secara bergerombol dengan canra menempel kuat pada benda-benda keras seperti kayu, bambu maupun bebeatuan/karang dengan menggunakan benang byssusnya (nama lain untuk kaki pada hewan jenis kerang).

Kandungan gizi yang terdapat pada kerang hijau pun bisa dikatakan sangat banyak, yaitu terdiri dari 40,8% air, 21,9% protein, 14,5% lemak, 18,5% karohidrat, dan 4,8% abu yang setara dengan kandungan gizi yang terdapat pada daging ayam, telur dan daging sapi. meskipun daging kerang hijau hanya sekitar 30% dari total keseluruhan, namun pada setiap 100 gram dagingnya mengandung 100 kalori yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. adapun manfaat dari mengkonsumsi kerang hijau ini ialah meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kulit, mengatasi nyeri sendi, membantu mengatasi nyeri arthritis, mengatasi asma dan bronkitis dan masih banyak lagi. selain manfaat dari dagingnya, limbah dari cankangnyapun bisa kita olah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang lumyan.

Jika anda sedang berlibur dipangandaran tidak ada salahnya untuk mencicipi citarasa dari kerang hijau ini. banyak sekali rumah makan dipangandaran yang menyajikan berbagai macam olahan dari kerang hijau seperti kerang hijau sambal balado, kerang hijau saus tiram, kerang hijau asam manis, kerang hijau saus padang serta masih banyak lagi olahan yang terbuat dari kerang yang satu ini. dan bagi anda yang belum sempat mencicipinya saat liburan dipangandaran, tenang saja! anda bisa mencobanya memasak dirumah dengan resep olahan favorit anda anda. semoga artikel tentang Manfaat Kerang Hijau ini bisa menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih.

BOGC

Author & Editor

Kami Akan Selalu Mengutamakan Pelayanan Untuk Memuaskan Para Pelanggan Kami Dalam Setiap Kegiatan Liburan Di Pangandaran.