Tiga Tempat Ziarah Atau Wisata Religi Di Kabupaten Pangandaran

Apa yang ada dibenak anda ketika anda mendengar nama Pangandaran? pasti hal pertama yang terlintas di pikiran anda ialah tentang suara deburan ombak, bentangan pantai dengan pasir putihnya yang berkliau, dan indahnya suasana saat sunset maupun sunrise. Ya betul kebanyakan dari anda yang mengetahui tentang pangandaran ialah mengenai Obyek wisata pantainya yang indah, tetapi pada kesempatan kali ini tim Serba Pangandaran tidak akan membahas obyek wisata pantai tersebut, melainkan akan membahas tentang beberapa tempat yang sering di gunakan sebagai tempat ziarah atau bisa di bilang tempat wisata Religi.

Wah emang ada ya tempat wisata Religi di Pangandaran? selain beberapa tempat wisata yang telah tersohor sampai ke manca Negara seperti pantai pangandaran, pantai batu karas, green canyon dll, di Pangandaran juga terdapat beberapa tempat yang sering di pake untuk kegiatan ziarah atau tempat wisata Religi diantaranya ada situs Sembah Agung, Situ Keramat Tundagan dan Cagar Budaya KH Abdul Hamid. Oke kita akan membahasnya satu persatu.



1. Situs Sembah Agung
Situs Sembah Agung dipercayai sebagai makam keramat salah seorang yang berjasa dalam penyebaran ajaran agama islam di Pangandaran. sesepuh tempat tersebut menerangkan bahawa di tempat tersebut terdapat 3 makam yaitu makam Sembah Agung, Makam Sembah Tafsirudin, dan makam Wangsa Manggala.ketiga nama tersebut merupakan tokoh utama dalam penyebaran ajaran agama islam di Pangandaran khususnya di Wilayah Cijulang dan sekitarnya.

Ketiga tokoh tersebut konon dulunya berasal dari kerajaan mataram dan kerajaan Cirebon yang datang ke Batukaras-Cijulang. Lokasi situs Sembah Agung ini terletak di Dusun Pasuketan desa Batukaras kec. Cijulang. Banyak sekali para peziarah yang berdatangan dari luar kab Pangandaran yang datang hanya untuk berziarah ke tempat ini.

2. Situs Keramat Tundugan
Tempat wisata religi yang satu ini berlokasikan di desa sukaresik Kab Pangandaran. situ Keramat Tundugan ini memang jarang di ekspos oleh media sehingga kurang banyak para peziarah yang datang ketempat ini. Nama tundagan sendiri berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti sebagai tutundaan atau dalam bahasa indonesianya yaitu penyimpanan, serta kata juragan. Jadi kata tundugan memiliki makna arti tempat penyimpanan para juragan.

Konon katanya di dalam situs keramat Tundugan ini terdapat delapan makam dari keturunan raja sukapura dengan luas lokasi sekitar 100bata dengan makam utamanya yaitu bernama makam dalem Taruna Sawargi yang merupakan keturunan di jaman Arya Wiratadiningrat. Makam tersebut  memiliki ukuran 6x6 meter persegi  dan merupakan bagian dari legenda pasukan Dalem Sawidak beristirahat. Untuk saat ini pengelolaan tempat Situs Keramat Tundugan ini di tangani oleh lembaga desa Sukaresik.

3. Situs Cagar Budaya KH Abdul Hamid
Tempat ini merupakan salah satu peninggalan pada zaman dahulu berupa patilasan dari KH Abdul Hamid yang merupakan salah satu Pejuang  yang membantu masyarakat kota Bandung pada tahun 1946 dalam tragedy bandung lautan api maupun dan ia pun merupakan salah satu tokoh yang ikut andil dalam penyebaran ajaran agama Islam di Pangandaran. Tempat ini di jadikan sebagai basis persembunyian dari sekutu KH Abdul Hamid sebelum membantumelakukan penyerangan terhadap musuh musuhnya.

Situs Cagar Budaya KH Abdul Hamid terletak di gunung singkup yang berada di Kecamatan Langkap Lancar.para pejuang tersebut berlindung di gunung singkup karena wilayah tersebut memiliki sumber air yang besar untuk kelangsungan hidup mereka serta tempatnya yang berada dipegunungan menjadikan KH Abdul Hamid lebih focus dalam merancang strategi untuk penyerangan terhadap Penjajah kala itu.

Baca juga: Sejarah Pangandaran 

Kesimpulan: selain daerah yang memiliki banyak tempat yang bisa di jadikan tempat berlibur anda di pangandaran juga terdapat tempat tempat yang bisa di jadikan wisata religi atau tempat berziarah ke makam leluhur kita terdahulu yang berjasa dalam penyebaran agama islam maupun yang ikut andil dalam memmerdekakan Indonesia dulunya. Jika anda merasa bosan ketika bberwisata ke angandaran hanya mengunjungi pantai nya saja anda bisa mencoba untuk mengunjungi tempat Wisata Religi tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Informasi Lebih Detail Untuk Upgrade/Downgrade Paket Sesuai Pilihan Bisa Langsung Menghubungi No Kami +6282295019090.